Tuesday, September 2, 2014
Headlines
Home » Lifestyle » NASCAR “Olahraga Balap Maut”
NASCAR “Olahraga Balap Maut”

NASCAR “Olahraga Balap Maut”

NATIONAL ASSOCIATION FOR STOCK CAR AUTO RACING (NASCAR) MERUPAKAN PERUSAHAAN  KELUARGA YANG SERING MENYELENGGARAKAN BERBAGAI MACAM EVENT BALAPAN

Didirikan oleh Bill France Jr  pada 1947-48. Kini, yang memegang jabatan CEO di perusahaan ini adalah cucunya, Brian France.

NASCAR merupakan penyelenggara mobil terbesar terbesar di Ameriak Serikat.  Tiga seri balapan terbesar NASCAR ialah Seri Piala, Seri Nationwide, dan Seri Truk.

NASCAR telah menyelenggarakan lebih dari 1.500 balapan di 100 trek di 38 negara bagian di Amerika Serikat. Selain itu NASCAR juga menggelar balapan di Kanada, Meksiko dan Eropa. NASCAR juga mengadakan beberapa balapan eksibisi  di Suzuka, Jepang. Motegi, Jepang, danCalder Park Raceway, Australia.

Kantor pusat NASCAR berada di Pantai  Daytona, Florida termasuk juga kantor-kantor cabang lainnya di empat kota di negara bagian North Carolina:Charlotte, Mooresville,  Concord, dan Conover Kantor regionalnya berada di New York City, Los Angeles, Bentonville. Untuk kantor  di luar Amerika terletak di Mexico City dan Toronto.

NASCAR merupakan salah  satu dari olahraga yang paling banyak dilihat berdasarkan rating televisi di Amerika Serikat. Walaupun faktanya, hanya National Football League-lah yang memiliki banyak penonton dibanding NASCAR. Di luar Amerika, NASCAR disiarkan di lebih dari 150 negara. Pada tahun 2004, direktur keamanan NASCAR menyatakan NASCAR berada di urutan ke-17 dari 20 acara olahraga rutin mingguan yang dihadiri penonton setiap

musimnya. Majalah Fortune menyatakan aliran uang sponsorship perusahaan yang mengalir di NASCAR melebihi ajang balapan lainnya seperti Formula Satu atau  MotoGP meskipun sejak  Serangan 11 September 2001 yang berdampak langsung pada perekonomian di Amerika Serikat, beberapa perusahaan mulai mengurangi kegiatan sponsor mereka di ajang  olahraga ini.

Salah satu hal yang unik tentang balap NASCAR adalah bahwa pembalap dapat membeli mobil mereka sendiri dari perusahaan NASCAR. Perusahaan ini menawarkan mobil balap untuk pembalap sesuai kebutuhan dan harapan mereka. Mobil ini dirancang dengan cara yang sangat baik dan dengan bahan terbaik

NASCARTRAGEDI NASCAR

Sekitar 33 orang mengalami cedera dalam insiden tabrakan pada balapan Nascar Daytona International Speedway di Florida pada Sabtu,  23 Februari lalu. Kecelakaan mengerikan yang melibatkan 10 mobil itu terjadi saat  balapan di Sirkuit Daytona Beach memasuki lap terakhir. Mobil yang dikendarai Kyle Larson melambung ke udara dan menabrak pagar pembatas yang melindungi penonton.

Mobil yang menabrak hancur dan potongan-potongan besar dari puing- piungnya, termasuk ban, berhamburan dan mengenai para  penonton. Sekitar 33 penonton dan 10 pembalap dikabarkan mengalami luka-luka. Selama ini pagar yang digunakan pada balapan Daytona maupun Nascar memang acap mengundang peredebatan karena dianggap jaraknya dengan lintasan kurang mengutamakan keselamatan, baik pembalap maupun penonton.

Juara tiga kali Indianapolis 500, Dario Franchitti, pernah memiliki kenangan buruk dengan insiden yang melibatkan pembalap dan pagar pembatas. Ia pernah kehilangan teman dekatnya, Dan Wheldon, yang tewas saat  final IndyCar musim 2011 di Las Vegas. Saat itu, mobil yang dikendarai Wheldon mengalami kecelakaan menabrak pagar dan membuat kepalanya membentur sebuah pos dukungan.

Dalam akun Twitter-nya, Franchitti, mendesak agar  insiden ini menjadi masukan bagi penyelenggara balapan Daytona. Ia mendesak agar  pagar pembatas segera dibenahi pada balapan ke depan.
Penonton lainnya di Daytona, Lenny Brown, mengaku prihatin dengan ukuran jarak antara pagar dan lintasan.
Menurutnya, jarak yang sempit antara pagar dan lintasan membuat puing-puing dari mobil sangat mudah melewati.

Si Cantik Pencetak Sejarah NASCAR Danica Patrick memenangkan posisi ‘start’ terdepan pada Daytona 500 pada ajang  balap NASCAR Sprint Cup February lalu, ia menjadi perempuan pertama yang mendapatkan tempat teratas pada semua kategori balap mobil di sirkuit utama NASCAR.

Patrick, yang menjalani program NASCAR Sprint Cup secara parsial tahun lalu, memperlihatkan bahwa ia siap berkompetisi secara penuh melawan semua pembalap pria di Ameriika dengan mencapai kecepatan 316km per jam.

“Yang saya tahu, jika Anda telah bekerja keras, pikiran Anda akan  tenang dan Anda tahu bahwa Anda telah mengerjakan apa yang Anda bisa dan membiarkan semuanya terjadi,” ujar Patrick.

Kecepatan tertinggi yang dicapai Patrick merupakan catatan kualifikasi tercepat di Daytona sejak  1990. “Saya cuma pengemudi, ini adalah kerja tim,” ujarnya.

Sebelumnya, Patrick merupakan perempuan satu-satunya yang telah memenangkan lomba  IndyCar pada 2008 sebelum terjun ke NASCAR, lomba  olahraga motor paling populer di Amerika Serikat.
Sebelumnya, pembalap putri yang menempati posisi start tertinggi di balapan NASCAR adalah Janet Guthrie, yang start dari posisi kesembilan di Bristol dan Talladega tahun 1977.

Wury K. (dari berbagai sumber)

1,680 total views, 2 views today

About MEasia

MEasia
Copyright©2000 MEasia Magazine, All Rights Reserved. - Hak Cipta Dilindungi Undang-undang.Dilarang melakukan reproduksi foto dan kutipan tulisan, sebagian atau seluruh isi ME, kecuali seijin penerbit. Redaksi berhak menyunting tulisan & foto dari kontributor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>